BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun
1945 Pasal 31 ayat (3) mengamanatkan bahwa
pemerintah mengusahakan dan
menyelenggarakan satu sistem
pendidikan nasional, yang
meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undangundang. Atas dasar
amanat tersebut telah diterbitkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional.Sesuai
dengan Pasal 2
Undang-Undang Nomor 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, bahwa pendidikan
nasional berdasarkan
Pancasila dan Undang-Undang
Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
Sedangkan Pasal
3 menegaskan bahwa
pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk
watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman
dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu,
cakap, kreatif, mandiri,
dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.Untuk
mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut diperlukan profil kualifikasi
kemampuan lulusan yang dituangkan dalam standar kompetensi lulusan. Dalam
penjelasan Pasal 35
Undang-Undang Nomor 20
Tahun 2003 disebutkan bahwa standar kompetensi lulusan merupakan
kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan
keterampilan peserta didik yang
harus dipenuhinya atau
dicapainya dari suatu
satuan pendidikan pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah
dan Madrasah Aliyah[1].
Pada mata kuliah analisis materi PAI
ini sangat bermanfaat bagi kami untuk mengetahui dan menganalisis berbagai
komponen yang ada dalam materi ini khususnya Al-Qur’an Hadist, dengan demikian
kami mampu untuk lebih memahami materi-materi yang ada dalam pelajaran
Al-qur’an Hadist khususnya kelas VII.
Alasan kami memilih menganalisis
materi Al-Qur’an Hadist di MTs Tarbiyatut Tholabah adalah tempatnya yang mudah
untuk dijangkau, dari segi gurunya juga mudah untuk di interview.
B.
Rumusan masalah
1.
Apa tujuan
materi PAI?
2.
Apa saja materi
Al-quran Hadist Kelas VII di MTs Tarbitatut Tholabah?
3.
Bagaimana
metode pembelajaran Al-qur’an Hadist kelas VII di MTs Tarbiyatut Tholabah?
4.
Apa saja media
yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas VII di MTs Tarbitatut
Tholabah?
5.
Bagaimana
sistem dan hasil evaluasi pelajaran materi Al-Qur’an Hadist Kelas VII di MTs
Tarbitatut Tholabah?
C.
Tujuan
1.
Untuk
mengetahui tujuan materi PAI
2.
Untuk
mengetahui materi Al-quran Hadist Kelas VII di MTs Tarbitatut Tholabah.
3.
Untuk
mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran materi Al-quran Hadist
Kelas VII di MTs Tarbitatut Tholabah.
4.
Utuk mengetahui
media-media dalam pembelajaran materi Al-quran Hadist Kelas VII di MTs
Tarbitatut Tholabah.
5.
Untuk
mengetahui sistem dan hasil evaluasi pembelajaran Al-quran Hadist Kelas VII di
MTs Tarbitatut Tholabah.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Tujuan materi
Al-qur’an Hadits MTs
Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis MTs ini merupakan kelanjutan dan
kesinambungan dengan mata pelajaran
Al-Qur’an-Hadis pada jenjang MI
dan MA, terutama
pada penekanan kemampuan membaca Al-Qur’an-Hadis, pemahaman
surah-surah pendek, dan
mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.Adapun tujuan mata pelajaran Al
Qur’an-Hadis adalah:
1.
Meningkatkan
kecintaan peserta didik terhadap Al-Al-Qur’an dan Hadis.
2.
Membekali
peserta didik dengan dalil-dalil
yang terdapat dalam Al-Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman
dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan.
3.
Meningkatkan kekhusyukan peserta didik
dalam beribadah terlebih salat,
dengan menerapkan hukum bacaan tajwid serta isi kandungan surah/ayat
dalam surat-surat pendek
yang mereka baca[2].
Dari hasil
analisis kami mengenai tujuan materi Al-qur’an Hadits MTs dengan isi materi
dari buku pegangan ada kecocokan.
B.
Materi
Peneliti hanya mengobservasi semester 1 yakni bab I-IV dengan
rincian sebagai berikut
1.
Bab I ,
Al-Qur’an dan Hadist sebagai pedoman hidup
a.
Kesesuaian
dengan KI KD
Dari
hasil analisis kami, kesesuaian KI dan KD dengan buku Al-qur’an Hadist kelas
VII karangan” T. Ibrahim dan H. Darsono, cetakan PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri “ bab I tentang “Al-Qur’an dan Hadist sebagai pedoman hidup “ itu
sudah sesuai, hal ini di buktikan dengan adanya indikator yang sama antara isi
Buku, RPP dan KI KD.
b.
Kesesuaian Tata
bahasa, isi, keruntutan materi dan kesinambungan antar bab.
Ø Untuk kesesuaian Tata bahasa, kami rasa belum sesuai ini terlihat
dari banyaknya paragraf yang menurut kami sulit dipahami oleh siswa kelas VII.
Ø Isi, menurut kami sudah bagus dan sangat cocok untuk anak usia
kelas VII.
Ø Keruntutan materi dan kesinambungan, menurut kami sudah runtut hal
ini dibuktikan dengan paragraf yang pertama menerangkan pengertian baru cara
memfungsikan dan kegunaan. Mengenai kesinambungan sudah cocok.
c.
Ketepatan
contoh-contoh, gambar dan Appersepsi, menarik motivasi
Ø Contoh sudah sesuai akan tetapi belum mampu memahamkan peserta
didik.
Ø Appersepsi tidak ada.
d.
Kecocokan
metode, strategi pembelajaran serta media
Ø Menurut hemat peneliti sebaiknya metode yang tepat adalah aktive
learning, karena ini menyangkut tentang pengetahuan.
Ø Media yang tepat menurut kami adalah media yang mampu diterimah
oleh berbagai siswa dengan karakter belajar yang berbeda-beda, misal LCD
proyektor, slede dll
e.
Kesesuaian
evaluasi dalam materi
Ø Evaluasi dalam buku sudah cocok dan bagus terbukti adanya tes dan
non tes yang sudah mewakili tiap pembahasan.
2.
Bab II,
Mencintai Al-Qur’an dan Hadist
a.
Kesesuaian
dengan KI KD
Dari
hasil analisis kami, kesesuaian KI dan KD dengan buku Al-qur’an Hadist kelas
VII karangan” T. Ibrahim dan H. Darsono, cetakan PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri “ bab I tentang “Mencintai Al-Qur’an dan Hadist “ itu sudah
sesuai, hal ini di buktikan dengan adanya indikator yang sama antara isi Buku,
RPP dan KI KD.
b.
Kesesuaian Tata
bahasa, isi, keruntutan materi dan kesinambungan antar bab.
Ø Untuk kesesuaian Tata bahasa, kami rasa belum sesuai ini terlihat
dari banyaknya paragraf yang menurut kami sulit dipahami oleh siswa kelas VII.
Ø Isi, menurut kami sudah bagus dan sangat cocok untuk anak usia
kelas VII.
Ø Keruntutan materi dan kesinambungan, menurut kami sudah runtut hal
ini dibuktikan dengan paragraf yang pertama menerangkan pengertian baru cara
memfungsikan dan kegunaan. Mengenai kesinambungan sudah cocok.
c.
Ketepatan
contoh-contoh, gambar dan Appersepsi, menarik motivasi
Ø Contoh sudah sesuai, dan gambar juga sudah sesuai, akan tetapi
kuarang menarik perhatian siswa
Ø Appersepsi tidak ada.
d.
Kecocokan
metode, strategi pembelajaran serta media
Ø Menurut hemat peneliti sebaiknya metode yang tepat adalah
demonstrasi dan praktik, karena ini menyangkut tentang ibadah.
Ø Media yang tepat menurut kami adalah media yang mampu diterimah
oleh berbagai siswa dengan karakter belajar yang berbeda-beda, misal LCD
proyektor, slede dll
e.
Kesesuaian
evaluasi dalam materi
Ø Evaluasi dalam buku sudah cocok dan bagus terbukti adanya tes dan
non tes yang sudah mewakili tiap pembahasan.
3.
Bab III,
Mengkaji sursh Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ihlas
a.
Kesesuaian
dengan KI KD
Dari
hasil analisis kami, kesesuaian KI dan KD dengan buku Al-qur’an Hadist kelas
VII karangan” T. Ibrahim dan H. Darsono, cetakan PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri “ bab III tentang “Mengkaji sursh Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq
dan Al-Ihlas “ itu sudah sesuai, hal ini di buktikan dengan adanya
indikator yang sama antara isi Buku, RPP dan KI KD.
b.
Kesesuaian Tata
bahasa, isi, keruntutan materi dan kesinambungan antar bab.
Ø Untuk kesesuaian Tata bahasa, kami rasa belum sesuai ini terlihat
dari banyaknya paragraf yang menurut kami sulit dipahami oleh siswa kelas VII.
Ø Isi, menurut kami sudah bagus dan sangat cocok untuk anak usia
kelas VII.
Ø Keruntutan materi dan kesinambungan, menurut kami sudah runtut hal
ini dibuktikan dengan paragraf yang pertama menerangkan pengertian baru cara
memfungsikan dan kegunaan. Mengenai kesinambungan sudah cocok.
c.
Ketepatan
contoh-contoh, gambar dan Appersepsi, menarik motivasi
Ø Contoh sudah sesuai, dan gambar juga sudah sesuai, akan tetapi
kuarang menarik perhatian siswa
Ø Appersepsi tidak ada.
d.
Kecocokan
metode, strategi pembelajaran serta media
Ø Menurut hemat peneliti sebaiknya metode yang tepat adalah
demonstrasi dan praktik, karena ini menyangkut tentang ibadah.
Ø Media yang tepat menurut kami adalah media yang mampu diterimah
oleh berbagai siswa dengan karakter belajar yang berbeda-beda, misal LCD
proyektor, slede dll
e.
Kesesuaian
evaluasi dalam materi
Ø Evaluasi dalam buku sudah cocok dan bagus terbukti adanya tes dan
non tes yang sudah mewakili tiap pembahasan.
4.
Bab IV,
Memahami Hadist tentang iman dan ibadah
a.
Kesesuaian
dengan KI KD
5.
Dari hasil
analisis kami, kesesuaian KI dan KD dengan buku Al-qur’an Hadist kelas VII
karangan” T. Ibrahim dan H. Darsono, cetakan PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri “ bab IV tentang “Memahami Hadist tentang iman dan ibadah “
itu sudah sesuai, hal ini di buktikan dengan adanya indikator yang sama antara
isi Buku, RPP dan KI KD.
b.
Kesesuaian Tata
bahasa, isi, keruntutan materi dan kesinambungan antar bab.
Ø Untuk kesesuaian Tata bahasa, kami rasa belum sesuai ini terlihat
dari banyaknya paragraf yang menurut kami sulit dipahami oleh siswa kelas VII.
Ø Isi, menurut kami sudah bagus dan sangat cocok untuk anak usia
kelas VII.
Ø Keruntutan materi dan kesinambungan, menurut kami sudah runtut hal
ini dibuktikan dengan paragraf yang pertama menerangkan pengertian baru cara
memfungsikan dan kegunaan. Mengenai kesinambungan sudah cocok.
c.
Ketepatan
contoh-contoh, gambar dan Appersepsi, menarik motivasi
Ø Contoh sudah sesuai, dan gambar juga sudah sesuai, akan tetapi
kuarang menarik perhatian siswa
Ø Appersepsi tidak ada.
d.
Kecocokan
metode, strategi pembelajaran serta media
Ø Menurut hemat peneliti sebaiknya metode yang tepat adalah
demonstrasi dan praktik, karena ini menyangkut tentang ibadah.
Ø Media yang tepat menurut kami adalah media yang mampu diterimah
oleh berbagai siswa dengan karakter belajar yang berbeda-beda, misal LCD
proyektor, slede dll
e.
Kesesuaian
evaluasi dalam materi
Ø Evaluasi dalam buku sudah cocok dan bagus terbukti adanya tes dan
non tes yang sudah mewakili tiap pembahasan.[3]
KI
dan KD materi Al-qur’an Hadits semester ganjil kelas VII MTs
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Meyakini Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup
1.2 Meyakini isi kandungan hadis tentang iman dan hadis tentang
ibadah yang diterima Allah adalah yang dilakukan dengan ikhlas.
1.3 Menghayati kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nws (114), al-Falaq
(113) dan al-Ikhlws (112) tentang keesaan Allah
|
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Memiliki
perilaku mencintai Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan
2.2
Terbiasa
beribadah dan berdoa sebagai penerapan isi kandungan Q.S. alFwtipah (1),
an-Nws (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlws (112) dalam kehidupan sehari-hari
2.3
Terbiasa
beribadah sebagai penerapan isi kandungan hadis tentang ibadah yang diterima
Allah
|
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup umat
manusia
3.2 Memahami isi kandungan Q.S. alFwtipah (1), an-Nws (114), al-Falaq
(113) dan al-Ikhlws (112) tentang tauhid dalam konsep Islam
3.3 Memahami keterkaitan isi kandungan hadis tentang iman riwayat Ali
bin Abi Talib dari Ibnu Majah
|
4.
Mengolah,
menyaji dan menallar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Mempraktikkan cara hidup yang sesuai dengan Al Qur’an dan hadis
4.2 Menunjukkan sikap orang yang memiliki tauhid sesuai isi kandungan
Q.S. al-Fwtipah (1), an-Nws (114), alFalaq (113) dan al-Ikhlws (112).
4.3 Menunjukkan sikap orang yang beribadah didasari keikhlasan sesuai
hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi Thalib dari Ibnu Majah
|
KI
dan KD materi Al-qur’an Hadits semester Genap kelas VII MTs
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menyadari pentingnya sikap tasamuh
1.2 Meyakini pentingnya sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah
|
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Memiliki sikap tasamuh sesuai isi kandungan Q.S. al- Kwfiryn
(109), Q.S. al-Bayyinah (98), dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan
sehari-hari
2.2 Memiliki sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah sesuai isi
kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr(110) dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami isi kandungan Q.S. alKwfiryn (109), Q.S al-Bayyinah (98)
tentang toleransi dan membangun kehidupan umat beragama dan hadis riwayat
Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
3.2 Memahami isi kandungan Q.S. alLahab (111) dan Q.S an-Nasr (110)
tentang problematika dakwah
|
4.
Mengolah,
menyaji dan menallar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al-
alKwfiryn (109), dan Al-Qur’an surahsurah pendek pilihan
4.2 Mendemonstrasikan sikap tasammuh(toleran) dalam membangun
kehidupan beragama sesuai hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban,
Al-Hakim, AlBaihaqi dari Ibnu Umar r.a.
|
Melihat dari hasil analisis kami, antara Buku pegangan materi
Al-qur’an Hadits kelas VII MTs TABAH dengan KI dan KD diatas adalah sudah
cocok.
C.
Metode
Dalam
pembelajaranya guru yang mengajar di MTs Tarbiyatut Tholabah kelas VII
menggunakan berbagai metode antara lain:
1.
Pembelajaran
dengan pendekatan saintifik[4]
Yakni pembelajaran yang terdiri
atas kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui),
merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mencoba/mengumpulkan data
(informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data
(informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri
dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah-langkah tersebut dapat dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.
2.
Metode ceramah
Dari hasil interview dengan guru yang
bersangkutan kemarin beliau menjelaskan tentang cara metode cerama yakni,
menyampaikan hikayah-hikayah dan asbab an-nuzul mengenai ayat yang
bersangkutan.
3.
Metode baca simak
Dari hasil interview dengan guru yang
bersangkutan kemarin beliau menjelaskan cara metode baca simak yakni, guru
membaca Al-Qur’an dan Hadist dengan benar
tartil sedang siswa mendengarkan dengan seksama.
4.
Metode individual
Yakni salah satu siswa membaca Al-Qur’an
sedang guru dan siswa mendengarkan serta mengoreksi[5].
Dari hasil analisis kami antara metode
yang digunakan Dra. Hj. Muthi’ah selaku guru mata pelajaran Al-qur’an Hadis MTs
TABAH kelas VII dengan RPP yang beliau miliki ada sedikit tambahan yakni,
ceramah, baca simak dan individual.
D.
Media, Alat dan
Sumber pembelajaran
1.
Media
a.
Power point
Menampilkan
slide mengenai materi yang bersangkutan.
b.
Soft ware
Al-Qur’an
Aplikasi
Al-Qur’an dalam PC yang digunakan untuk pembelajaran
c.
Buku peganggan
Buku
peganggan mahsudnya buku yang digunakan sebagi media pembelajaran, untuk MTs
TABAH kelas VII menggunakan karangan T.Ibrahim dan H, Darsono, Pemahaman
Al-Qur’an dan Hadits, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
d.
Al-Qur’an depag
Al-Qur’an
yang diberi dari departemen agama
e.
Musthalah
Hadits
Buku
yang didalamnya memuat berbagi Hadits beserta keteranganya
2.
Alat
a.
Laptop
b.
LCD Proyektor
c.
Papan Tulis
3.
Sumber
a.
Buku peganggan
b.
Al-Qur’an
c.
Mustholah
Hadits
Buku yang didalamnya memuat berbagi
Hadits beserta keteranganya
Dari hasil analisis kami bahwa Media, alat dan sumber belajar dalam
materi Al-qur’an Hadits MTs TABAH memang benar-benar seperti yang kami uraikan
diatas.
E.
Sistem dan hasil
evaluasi.
Sistem
dan hasil evaluai materi Al-Qur’an dan Hadist MTs TABAH kelas VII menggunakan beberapa
cara yakni:
1.
Penilaian sikap
yang meliputi, sikap spiritual, jujur dan disiplin
2.
Penilaian
kognitif meliputi, tes tulis tes lisan dan penugasan[6].
Untuk yang
hasil evaluasi dibukukan menjadi satu yakni buku rapor yang didalamnya terdapat
semua hasil nilai siswa.
Kemudian mengenai analisis kami tentang sistem dan hasil evalusai
yang ada dalam buku pegangan dengan RPP Al-qur’an Hadits MTs TABAH kelas VII
adalah cocok dan untuk hasil evaluasinya hanya ada dalam buku yang di miliki
oleh gurunya sendiri kata Ustadza Dra. Hj. Muthi’ah.
F.
Saran tentang
materi
Ø Seharusnya ada sebuah appersepsi dalam setiap bab, dikarenakan
untuk merespon semangat siswa dalam belajar.
Ø Isi penjelasan kurang luas, terbukti hanya ada sedikit teori
tentang isi materi.
G.
Kesan tentang
materi
Ø Buku ini sudah memenuhi standar nasional menurut saya, KI dan KD
nya juga sesuai.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Mengenai
kesimpulan dari hasil analisis kami terhadap buku pegangan materi Al-qur’an
Hadits MTs TABAH kelas VII dengan RPP dan kenyataan lapangan adalah sama,
artinya cocok dan memang benar-benar diterapkan.
Mengenai
metode dan strategi pembelajaranya beliau Dra. Hj. Muthi’ah selaku guru
Al-qur’an Hadits MTs TABAH kelas VII berkata “ metode dan strategi saya
dalam mengajar melihat isi materi dan juga situasi serta kondisi, adakalanya
metode cerama yang saya pakai dan adakanya metode baca simak yang saya lakukan,
semua itu melihat isi dari materi dan juga situasi serta kondisi”
B.
Saran
Guru pengampuh:
Untuk
menjadi seorang guru memang harus mampu melakukan analisis materi yang akan
digunakan untuk membelajarkan kepada anak didiknya, dan hal yang penting lagi
adalah seorang guru harus mampu menguasai peserta didiknya yakni mengerti
karakter peserta didik, agar seorang guru bisa dengan mudah dalam menyampaikan
suatu pembelajaran dan peserta didik bisa menikmati kegiatan belajar mengajar.
Calon
guru:
Dengan membaca makalah
ini penulis berharap semoga kita dapat berfikir tepat dan benar sehingga
terhindar dari kesimpulan yang salah dan kabur. Setidaknya dengan makalah ini,
pembaca bisa mengetahui tentang pentingnya analisis materi yang akan diajarkan
kepada peserta didik hususnya dalam hal ini ANALISIS MATERI PAI dan kami
berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.
DAFTAR PUSTAKA
Ibrahim,T.
H, Darsono. 2014. Pemahaman Al-qur’an dan Hadits kelas VII MTs. Solo: PT
Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Muti’ah,
Hj. Perangkat pembelajaran Al-qur’an Hadits.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar