Senin, 21 Maret 2016

analisis materi PAI



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Undang-Undang  Dasar Negara  Republik  Indonesia  Tahun  1945  Pasal  31 ayat (3) mengamanatkan  bahwa  pemerintah  mengusahakan  dan  menyelenggarakan  satu  sistem  pendidikan  nasional,  yang  meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undangundang. Atas dasar amanat tersebut telah diterbitkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Sesuai  dengan  Pasal  2  Undang-Undang  Nomor  20  Tahun  2003  tentang Sistem  Pendidikan  Nasional,  bahwa  pendidikan  nasional  berdasarkan Pancasila  dan  Undang-Undang  Dasar  Negara  Republik  Indonesia  Tahun 1945.
Sedangkan  Pasal  3  menegaskan  bahwa  pendidikan  nasional berfungsi  mengembangkan  kemampuan  dan  membentuk  watak  serta peradaban  bangsa  yang  bermartabat  dalam  rangka  mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar  menjadi  manusia  yang  beriman  dan  bertakwa  kepada  Tuhan  Yang Maha  Esa,  berakhlak  mulia,  sehat,  berilmu,  cakap,  kreatif,  mandiri,  dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut diperlukan profil kualifikasi kemampuan lulusan yang dituangkan dalam standar kompetensi lulusan.  Dalam  penjelasan  Pasal  35  Undang-Undang  Nomor  20  Tahun 2003 disebutkan bahwa standar kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta  didik  yang  harus  dipenuhinya  atau  dicapainya  dari  suatu  satuan pendidikan pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah[1].
Pada mata kuliah analisis materi PAI ini sangat bermanfaat bagi kami untuk mengetahui dan menganalisis berbagai komponen yang ada dalam materi ini khususnya Al-Qur’an Hadist, dengan demikian kami mampu untuk lebih memahami materi-materi yang ada dalam pelajaran Al-qur’an Hadist khususnya kelas VII.
Alasan kami memilih menganalisis materi Al-Qur’an Hadist di MTs Tarbiyatut Tholabah adalah tempatnya yang mudah untuk dijangkau, dari segi gurunya juga mudah untuk di interview.
B.     Rumusan masalah
1.      Apa tujuan materi PAI?
2.      Apa saja materi Al-quran Hadist Kelas VII di MTs Tarbitatut Tholabah?
3.      Bagaimana metode pembelajaran Al-qur’an Hadist kelas VII di MTs Tarbiyatut Tholabah?
4.      Apa saja media yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas VII di MTs Tarbitatut Tholabah?
5.      Bagaimana sistem dan hasil evaluasi pelajaran materi Al-Qur’an Hadist Kelas VII di MTs Tarbitatut Tholabah?
C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui tujuan materi PAI
2.      Untuk mengetahui materi Al-quran Hadist Kelas VII di MTs Tarbitatut Tholabah.
3.      Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran materi Al-quran Hadist Kelas VII di MTs Tarbitatut Tholabah.
4.      Utuk mengetahui media-media dalam pembelajaran materi Al-quran Hadist Kelas VII di MTs Tarbitatut Tholabah.
5.      Untuk mengetahui sistem dan hasil evaluasi pembelajaran Al-quran Hadist Kelas VII di MTs Tarbitatut Tholabah.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Tujuan materi Al-qur’an Hadits MTs
Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis MTs ini merupakan kelanjutan dan kesinambungan dengan  mata  pelajaran  Al-Qur’an-Hadis  pada jenjang  MI  dan  MA,  terutama  pada  penekanan  kemampuan membaca Al-Qur’an-Hadis,  pemahaman  surah-surah pendek,  dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.Adapun tujuan mata pelajaran Al Qur’an-Hadis adalah:
1.      Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap Al-Al-Qur’an dan Hadis.
2.      Membekali peserta  didik dengan  dalil-dalil  yang  terdapat  dalam Al-Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan.
3.      Meningkatkan  kekhusyukan peserta  didik  dalam  beribadah terlebih salat, dengan menerapkan hukum bacaan tajwid serta isi kandungan  surah/ayat  dalam  surat-surat  pendek  yang  mereka baca[2].
Dari hasil analisis kami mengenai tujuan materi Al-qur’an Hadits MTs dengan isi materi dari buku pegangan ada kecocokan.
B.     Materi
Materi pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VII ada 6 bab , semester 1 ada 4 bab (bab I – IV) sedangkan semester 2 hanya 2 bab (bab V – VI). Dengan materi sebagai berikut:
Peneliti hanya mengobservasi semester 1 yakni bab I-IV dengan rincian sebagai berikut
1.      Bab I , Al-Qur’an dan Hadist sebagai pedoman hidup
a.       Kesesuaian dengan KI KD
Dari hasil analisis kami, kesesuaian KI dan KD dengan buku Al-qur’an Hadist kelas VII karangan” T. Ibrahim dan H. Darsono, cetakan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri “ bab I tentang “Al-Qur’an dan Hadist sebagai pedoman hidup “ itu sudah sesuai, hal ini di buktikan dengan adanya indikator yang sama antara isi Buku, RPP dan KI KD.
b.      Kesesuaian Tata bahasa, isi, keruntutan materi dan kesinambungan antar bab.
Ø  Untuk kesesuaian Tata bahasa, kami rasa belum sesuai ini terlihat dari banyaknya paragraf yang menurut kami sulit dipahami oleh siswa kelas VII.
Ø  Isi, menurut kami sudah bagus dan sangat cocok untuk anak usia kelas VII.
Ø  Keruntutan materi dan kesinambungan, menurut kami sudah runtut hal ini dibuktikan dengan paragraf yang pertama menerangkan pengertian baru cara memfungsikan dan kegunaan. Mengenai kesinambungan sudah cocok.
c.       Ketepatan contoh-contoh, gambar dan Appersepsi, menarik motivasi
Ø  Contoh sudah sesuai akan tetapi belum mampu memahamkan peserta didik.
Ø  Appersepsi tidak ada.
d.      Kecocokan metode, strategi pembelajaran serta media
Ø  Menurut hemat peneliti sebaiknya metode yang tepat adalah aktive learning, karena ini menyangkut tentang pengetahuan.
Ø  Media yang tepat menurut kami adalah media yang mampu diterimah oleh berbagai siswa dengan karakter belajar yang berbeda-beda, misal LCD proyektor, slede dll
e.       Kesesuaian evaluasi dalam materi
Ø  Evaluasi dalam buku sudah cocok dan bagus terbukti adanya tes dan non tes yang sudah mewakili tiap pembahasan.
2.      Bab II, Mencintai Al-Qur’an dan Hadist
a.       Kesesuaian dengan KI KD
Dari hasil analisis kami, kesesuaian KI dan KD dengan buku Al-qur’an Hadist kelas VII karangan” T. Ibrahim dan H. Darsono, cetakan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri “ bab I tentang “Mencintai Al-Qur’an dan Hadist “ itu sudah sesuai, hal ini di buktikan dengan adanya indikator yang sama antara isi Buku, RPP dan KI KD.
b.      Kesesuaian Tata bahasa, isi, keruntutan materi dan kesinambungan antar bab.
Ø  Untuk kesesuaian Tata bahasa, kami rasa belum sesuai ini terlihat dari banyaknya paragraf yang menurut kami sulit dipahami oleh siswa kelas VII.
Ø  Isi, menurut kami sudah bagus dan sangat cocok untuk anak usia kelas VII.
Ø  Keruntutan materi dan kesinambungan, menurut kami sudah runtut hal ini dibuktikan dengan paragraf yang pertama menerangkan pengertian baru cara memfungsikan dan kegunaan. Mengenai kesinambungan sudah cocok.
c.       Ketepatan contoh-contoh, gambar dan Appersepsi, menarik motivasi
Ø  Contoh sudah sesuai, dan gambar juga sudah sesuai, akan tetapi kuarang menarik perhatian siswa
Ø  Appersepsi tidak ada.
d.      Kecocokan metode, strategi pembelajaran serta media
Ø  Menurut hemat peneliti sebaiknya metode yang tepat adalah demonstrasi dan praktik, karena ini menyangkut tentang ibadah.
Ø  Media yang tepat menurut kami adalah media yang mampu diterimah oleh berbagai siswa dengan karakter belajar yang berbeda-beda, misal LCD proyektor, slede dll
e.       Kesesuaian evaluasi dalam materi
Ø  Evaluasi dalam buku sudah cocok dan bagus terbukti adanya tes dan non tes yang sudah mewakili tiap pembahasan.
3.        Bab III, Mengkaji sursh Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ihlas
a.       Kesesuaian dengan KI KD
Dari hasil analisis kami, kesesuaian KI dan KD dengan buku Al-qur’an Hadist kelas VII karangan” T. Ibrahim dan H. Darsono, cetakan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri “ bab III tentang “Mengkaji sursh Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ihlas “ itu sudah sesuai, hal ini di buktikan dengan adanya indikator yang sama antara isi Buku, RPP dan KI KD.
b.      Kesesuaian Tata bahasa, isi, keruntutan materi dan kesinambungan antar bab.
Ø  Untuk kesesuaian Tata bahasa, kami rasa belum sesuai ini terlihat dari banyaknya paragraf yang menurut kami sulit dipahami oleh siswa kelas VII.
Ø  Isi, menurut kami sudah bagus dan sangat cocok untuk anak usia kelas VII.
Ø  Keruntutan materi dan kesinambungan, menurut kami sudah runtut hal ini dibuktikan dengan paragraf yang pertama menerangkan pengertian baru cara memfungsikan dan kegunaan. Mengenai kesinambungan sudah cocok.
c.       Ketepatan contoh-contoh, gambar dan Appersepsi, menarik motivasi
Ø  Contoh sudah sesuai, dan gambar juga sudah sesuai, akan tetapi kuarang menarik perhatian siswa
Ø  Appersepsi tidak ada.
d.      Kecocokan metode, strategi pembelajaran serta media
Ø  Menurut hemat peneliti sebaiknya metode yang tepat adalah demonstrasi dan praktik, karena ini menyangkut tentang ibadah.
Ø  Media yang tepat menurut kami adalah media yang mampu diterimah oleh berbagai siswa dengan karakter belajar yang berbeda-beda, misal LCD proyektor, slede dll
e.       Kesesuaian evaluasi dalam materi
Ø  Evaluasi dalam buku sudah cocok dan bagus terbukti adanya tes dan non tes yang sudah mewakili tiap pembahasan.
4.      Bab IV, Memahami Hadist tentang iman dan ibadah
a.       Kesesuaian dengan KI KD
5.      Dari hasil analisis kami, kesesuaian KI dan KD dengan buku Al-qur’an Hadist kelas VII karangan” T. Ibrahim dan H. Darsono, cetakan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri “ bab IV tentang “Memahami Hadist tentang iman dan ibadah “ itu sudah sesuai, hal ini di buktikan dengan adanya indikator yang sama antara isi Buku, RPP dan KI KD.
b.      Kesesuaian Tata bahasa, isi, keruntutan materi dan kesinambungan antar bab.
Ø  Untuk kesesuaian Tata bahasa, kami rasa belum sesuai ini terlihat dari banyaknya paragraf yang menurut kami sulit dipahami oleh siswa kelas VII.
Ø  Isi, menurut kami sudah bagus dan sangat cocok untuk anak usia kelas VII.
Ø  Keruntutan materi dan kesinambungan, menurut kami sudah runtut hal ini dibuktikan dengan paragraf yang pertama menerangkan pengertian baru cara memfungsikan dan kegunaan. Mengenai kesinambungan sudah cocok.
c.       Ketepatan contoh-contoh, gambar dan Appersepsi, menarik motivasi
Ø  Contoh sudah sesuai, dan gambar juga sudah sesuai, akan tetapi kuarang menarik perhatian siswa
Ø  Appersepsi tidak ada.
d.      Kecocokan metode, strategi pembelajaran serta media
Ø  Menurut hemat peneliti sebaiknya metode yang tepat adalah demonstrasi dan praktik, karena ini menyangkut tentang ibadah.
Ø  Media yang tepat menurut kami adalah media yang mampu diterimah oleh berbagai siswa dengan karakter belajar yang berbeda-beda, misal LCD proyektor, slede dll
e.       Kesesuaian evaluasi dalam materi
Ø  Evaluasi dalam buku sudah cocok dan bagus terbukti adanya tes dan non tes yang sudah mewakili tiap pembahasan.[3]

KI dan KD materi Al-qur’an Hadits semester ganjil kelas VII MTs
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1  Meyakini Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup
1.2  Meyakini isi kandungan hadis tentang iman dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah adalah yang dilakukan dengan ikhlas.
1.3  Menghayati kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nws (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlws (112) tentang keesaan Allah
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1  Memiliki perilaku mencintai Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan
2.2  Terbiasa beribadah dan berdoa sebagai penerapan isi kandungan Q.S. alFwtipah (1), an-Nws (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlws (112)  dalam kehidupan sehari-hari
2.3  Terbiasa beribadah sebagai penerapan isi kandungan hadis tentang ibadah yang diterima Allah
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1  Memahami kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia
3.2  Memahami isi kandungan Q.S. alFwtipah (1), an-Nws (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlws (112) tentang tauhid dalam konsep Islam
3.3  Memahami keterkaitan isi kandungan hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah
4.      Mengolah, menyaji dan menallar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1  Mempraktikkan cara hidup yang sesuai dengan Al Qur’an dan hadis
4.2  Menunjukkan sikap orang yang memiliki tauhid sesuai isi kandungan Q.S. al-Fwtipah (1), an-Nws (114), alFalaq (113) dan al-Ikhlws (112).
4.3  Menunjukkan sikap orang yang beribadah didasari keikhlasan sesuai hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi Thalib dari Ibnu Majah

KI dan KD materi Al-qur’an Hadits semester Genap kelas VII MTs
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1  Menyadari pentingnya sikap tasamuh
1.2  Meyakini pentingnya sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1  Memiliki sikap tasamuh sesuai isi kandungan Q.S. al- Kwfiryn (109), Q.S. al-Bayyinah (98), dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
2.2  Memiliki sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr(110) dalam kehidupan sehari-hari
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata





                                                        
3.1  Memahami isi kandungan Q.S. alKwfiryn (109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang toleransi dan membangun kehidupan umat beragama dan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
3.2  Memahami isi kandungan Q.S. alLahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) tentang problematika dakwah
4.      Mengolah, menyaji dan menallar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1  Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- alKwfiryn (109), dan Al-Qur’an surahsurah pendek pilihan
4.2  Mendemonstrasikan sikap tasammuh(toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, AlBaihaqi dari Ibnu Umar r.a.

Melihat dari hasil analisis kami, antara Buku pegangan materi Al-qur’an Hadits kelas VII MTs TABAH dengan KI dan KD diatas adalah sudah cocok.
C.    Metode
Dalam pembelajaranya guru yang mengajar di MTs Tarbiyatut Tholabah kelas VII menggunakan berbagai metode antara lain:
1.     Pembelajaran dengan pendekatan saintifik[4]
Yakni pembelajaran yang terdiri atas kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mencoba/mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah-langkah tersebut dapat dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.
2.     Metode ceramah
Dari hasil interview dengan guru yang bersangkutan kemarin beliau menjelaskan tentang cara metode cerama yakni, menyampaikan hikayah-hikayah dan asbab an-nuzul mengenai ayat yang bersangkutan.
3.     Metode baca simak
Dari hasil interview dengan guru yang bersangkutan kemarin beliau menjelaskan cara metode baca simak yakni, guru membaca Al-Qur’an dan Hadist dengan benar  tartil sedang siswa mendengarkan dengan seksama.
4.     Metode individual
Yakni salah satu siswa membaca Al-Qur’an sedang guru dan siswa mendengarkan serta mengoreksi[5].
Dari hasil analisis kami antara metode yang digunakan Dra. Hj. Muthi’ah selaku guru mata pelajaran Al-qur’an Hadis MTs TABAH kelas VII dengan RPP yang beliau miliki ada sedikit tambahan yakni, ceramah, baca simak dan individual.
D.    Media, Alat dan Sumber pembelajaran
1.      Media
a.       Power point
Menampilkan slide mengenai materi yang bersangkutan.
b.      Soft ware Al-Qur’an
Aplikasi Al-Qur’an dalam PC yang digunakan untuk pembelajaran
c.       Buku peganggan
Buku peganggan mahsudnya buku yang digunakan sebagi media pembelajaran, untuk MTs TABAH kelas VII menggunakan karangan T.Ibrahim dan H, Darsono, Pemahaman Al-Qur’an dan Hadits, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
d.      Al-Qur’an depag
Al-Qur’an yang diberi dari departemen agama
e.       Musthalah Hadits
Buku yang didalamnya memuat berbagi Hadits beserta keteranganya
2.      Alat
a.       Laptop
b.      LCD Proyektor
c.       Papan Tulis
3.      Sumber
a.       Buku peganggan
b.      Al-Qur’an
c.       Mustholah Hadits
Buku yang didalamnya memuat berbagi Hadits beserta keteranganya
Dari hasil analisis kami bahwa Media, alat dan sumber belajar dalam materi Al-qur’an Hadits MTs TABAH memang benar-benar seperti yang kami uraikan diatas.
E.     Sistem dan hasil evaluasi.
Sistem dan hasil evaluai materi Al-Qur’an dan Hadist MTs TABAH kelas VII menggunakan beberapa cara yakni:
1.      Penilaian sikap yang meliputi, sikap spiritual, jujur dan disiplin
2.      Penilaian kognitif meliputi, tes tulis tes lisan dan penugasan[6].
Untuk yang hasil evaluasi dibukukan menjadi satu yakni buku rapor yang didalamnya terdapat semua hasil nilai siswa.
Kemudian mengenai analisis kami tentang sistem dan hasil evalusai yang ada dalam buku pegangan dengan RPP Al-qur’an Hadits MTs TABAH kelas VII adalah cocok dan untuk hasil evaluasinya hanya ada dalam buku yang di miliki oleh gurunya sendiri kata Ustadza Dra. Hj. Muthi’ah.
F.      Saran tentang materi
Ø  Seharusnya ada sebuah appersepsi dalam setiap bab, dikarenakan untuk merespon semangat siswa dalam belajar.
Ø  Isi penjelasan kurang luas, terbukti hanya ada sedikit teori tentang isi materi.
G.    Kesan tentang materi
Ø  Buku ini sudah memenuhi standar nasional menurut saya, KI dan KD nya juga sesuai.







BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Mengenai kesimpulan dari hasil analisis kami terhadap buku pegangan materi Al-qur’an Hadits MTs TABAH kelas VII dengan RPP dan kenyataan lapangan adalah sama, artinya cocok dan memang benar-benar diterapkan.
Mengenai metode dan strategi pembelajaranya beliau Dra. Hj. Muthi’ah selaku guru Al-qur’an Hadits MTs TABAH kelas VII berkata “ metode dan strategi saya dalam mengajar melihat isi materi dan juga situasi serta kondisi, adakalanya metode cerama yang saya pakai dan adakanya metode baca simak yang saya lakukan, semua itu melihat isi dari materi dan juga situasi serta kondisi
B.     Saran
Guru pengampuh:
Untuk menjadi seorang guru memang harus mampu melakukan analisis materi yang akan digunakan untuk membelajarkan kepada anak didiknya, dan hal yang penting lagi adalah seorang guru harus mampu menguasai peserta didiknya yakni mengerti karakter peserta didik, agar seorang guru bisa dengan mudah dalam menyampaikan suatu pembelajaran dan peserta didik bisa menikmati kegiatan belajar mengajar.
Calon guru:
Dengan membaca makalah ini penulis berharap semoga kita dapat berfikir tepat dan benar sehingga terhindar dari kesimpulan yang salah dan kabur. Setidaknya dengan makalah ini, pembaca bisa mengetahui tentang pentingnya analisis materi yang akan diajarkan kepada peserta didik hususnya dalam hal ini ANALISIS MATERI PAI dan kami berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.



DAFTAR PUSTAKA

Ibrahim,T. H, Darsono. 2014. Pemahaman Al-qur’an dan Hadits kelas VII MTs. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Muti’ah, Hj. Perangkat pembelajaran Al-qur’an Hadits.



[1] SK DIRJEN-NO 2676-2013 KI,KD 2013
[2] SK DIRJEN-NO 2676-2013 KI,KD 2013
[3] Buku pegangan Al-qur’an Hadis kelas VII
[4] RPP Al-qur’an Hadist MTs TABAH kelas VII
[5] Guru pamong mata pelajaran Qur’dist MTs Tabah kelas VII
[6] RPP Al-qur’an Hadist MTs TABAH kelas VII

Tidak ada komentar:

Posting Komentar