Senin, 21 Maret 2016

CONTOH PENILAIAN PENGETAHUAN



a.        Tes Tertulis
Tabel 4. Contoh Instrumen Penilaian Tes Tertulis
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Skor
1.
3.1.1.Menjelaskan makna al-Asmaul-Husna: Al-’Alim

Tes Tulis
Isian
Arti dari al-Asmaul-Husna Al-’Alim adalah….

Kunci Jawaban:
artinya Maha Mengetahui. Allah Swt.
15
2.
3.1.2. Menyebutkan perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim

Tes Tulis
Uraian
Sebutkan perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim !

Kunci Jawaban:
Kita harus terus-menerus bersemangant mencari ilmu-ilmunya Allah Swt  dengan cara belajar dan mere­nungi ciptaan-Nya.
30
3
3.1.3. Menjelaskan makna al-Asmaul-Husna: Al-Khabir

Tes Tulis
Uraian
Jelaskan makna al-Asmaul-Husna: Al-Khabir !
Kunci Jawaban:
Al-Khab³r artinya Mahateliti. Allah Mahateliti terhadap semua ciptaan-Nya. Allah Swt. menciptakan berjuta-juta makhluk, semuanya berfungsi sesuai dengan apa yang Dia kehendaki.
30
4
3.1.4. Menyebutkan perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna Al-Khabir

Tes Tulis
Benar salah
Perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna Al-Khabir adalah kita harus teliti dan cermat dalam melaksanakan kegiatan, baik di sekolah, di rumah, maupun di tempat lainnya. (B - S)

Kunci Jawaban : B
5
5
3.1.5. Menjelaskan makna al-Asmaul-Husna as-Sami’

Tes Tulis
Jawaban Singkat
Allah Swt. Maha Mendengar suara apa pun yang ada di alam semesta ini. Pendengaran Allah tidak terbatas, tidak ada satu pun suara yang lepas dari pendengaran-Nya. Allah Swt. Maha Mendengar merupakan makna dari Asmaul-Husna apa?

Kunci Jawaban:      As- Sami”
10
6
3.1.6. Menyebutkan perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna as-Sami’

Tes Tulis
Pilihan Ganda
Hasan selalu berhati-hati dalam setiap ucapan dan perbuatannya, karena ia yakin bahwa Allah Swt. senantiasa mendengarnya. Perbuatan tersebut merupakan pengamalan dari keyakinannya bahwa Allah Swt. bersifat
A. al-‘Alim
B. al- Khabir
C. as-Sami³‘
D.  al-Bashir

Kunci Jawaban:             C
5
7
3.1.7. Menjelaskan makna al-Asmaul-Husna al-Bashir
Tes Tulis
Pilihan Ganda
Allah Swt. Maha Melihat segala sesuatu walaupun lembut dan kecil. Allah Swt. pun melihat apa yang ada di bumi dan di langit. Allah Maha Melihat merupakan makna
A. al-‘Alim
B. al- Khabir
C. as-Sami‘
D. al-Basir

Kunci Jawaban:             D
5
8
3.1.8. Menyebutkan perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna al-Bashir
Tes Tulis
Pilihan Ganda
Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Basir adalah
A.      introspeksi diri untuk kebaikan
B.       amar ma’ruf nahi munkar
C.      menjadi suri tauladan bagi orang lain
D.      mau mendengarkan nasihat guru

Kunci Jawaban:             A
5





SKOR MAKSIMAL
100



b.        Tes Lisan
Tabel 5. Contoh Instrumen Penilaian Tes Lisan
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Kunci Jawaban
1.
3.4.1. Menjelaskan makna empati yang terkandung dalam Q.S. An-Nisa (4):8
Tes Lisan
Daftar Pertanyaan
Apa yang dimaksud dengan empati?

Empati adalah keadaan mental yang membuat orang merasa dirinya dalam keadaan, perasaan atau pikiran yang sama dengan orang lain.
2
3.4.2. Menjelaskan bentuk- bentuk perilaku empati

Tes Lisan
Daftar Pertanyaan
Jelaskan bentuk- bentuk empati terhadap sesama!
Perilaku empati dalam kehidupan sehari-hari dapat diwujudkan dengan cara:
1.      peka terhadap perasaan orang lain,
2.      membayangkan seandainya aku adalah dia,
3.      berlatih mengorbankan milik sendiri, dan
4.      membahagiakan orang lain.
3
3.4.2. Menjelaskan alasan bersikap hormat terhadap orangtua

Tes Lisan
Daftar Pertanyaan
Mengapa kita harus bersikap hormat terhadap orangtua?
1.      Ibu mengandung dengan penuh susah payah, kemudian melahirkan dengan mempertaruhkan nyawa­nya;
2.      Ibu menyusui selama dua tahun dengan penuh kasih sayang, dan terjaga malam hari karena memenuhi kebutuhan anaknya;
3.      Ibu dan ayah memelihara kita sehingga kita siap untuk hidup mandiri;
4.      Ayah dan ibu bekerja keras untuk memenuhi keperluan keluarga;
5.      Ayah dan ibu memberi bekal pendidikan;
6.      Ayah dan ibu memberikan kasih sayang dengan ikhlas tanpa meminta balasan.
4
3.4.5. Menjelaskan cara menghormati orangtua ketika masih hidup maupun sudah meninggal dunia.
Tes Lisan
Daftar Pertanyaan
Jelaskan bagaimana cara menghormati orangtua yang masih hidup?
Jelaskan bagaimana cara menghormati orangtua yang sudah meninggal dunia?
1.      Memperlakukan keduanya dengan sopan dan hormat;
2.      Membantu pekerjaanya;
3.      Mengikuti nasihatnya (apabila nasihat itu baik);
4.      Membahagiakan keduanya.


c.         Penugasan
Tabel 6. Contoh Instrumen Penilaian Penugasan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Ø 3.5.2. Menjelaskan kandungan Q.S. An-Nisa (4) : 146
Ø 3.5.4. Menjelaskan kandungan Q.S. Al-Baqarah (2): 153
Ø 3.5.6. Menjelaskan kandungan Q.S. Ali Imran (3): 134
Ø 3.5.7.Menjelaskan kandungan hadits terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf
Penugasan
Pekerjaan rumah
Tugas:
Carilah kandungan Q.S. An-Nisa (4) : 146, Q.S. Al-Baqarah (2): 153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf.
Kunci:
Untuk mengerjakan tugas ini peserta didik harus terlebih dahulu membaca .S. An-Nisa (4) : 146, Q.S. Al-Baqarah (2): 153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf.
Selanjutnya peserta didik membaca arti dari ayat- ayat tersebut, lantas memahaminya agar dapat mengidentifikasi kandungan dari ayat- ayat dan hadist tersebut.
Untuk dapat mencari kandungan dengan baik, maka peserta didik juga membaca- baca tafsir dan materi yang ada kaitannya dengan  ikhlas, sabar, dan pemaaf.
Kemudian hasilnya dirumuskan dan ditulis di lembar kerja penugasan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar