a.
Tes Tertulis
Tabel 4. Contoh Instrumen Penilaian
Tes Tertulis
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Skor
|
1.
|
3.1.1.Menjelaskan makna
al-Asmaul-Husna: Al-’Alim
|
Tes Tulis
|
Isian
|
Arti dari al-Asmaul-Husna Al-’Alim adalah….
Kunci Jawaban:
artinya Maha Mengetahui. Allah Swt.
|
15
|
2.
|
3.1.2. Menyebutkan perilaku yang
dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim !
Kunci Jawaban:
Kita harus terus-menerus bersemangant mencari ilmu-ilmunya
Allah Swt dengan cara belajar dan merenungi
ciptaan-Nya.
|
30
|
3
|
3.1.3. Menjelaskan makna
al-Asmaul-Husna: Al-Khabir
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Jelaskan makna al-Asmaul-Husna: Al-Khabir !
Kunci Jawaban:
Al-Khab³r
artinya
Mahateliti. Allah Mahateliti terhadap semua ciptaan-Nya. Allah Swt.
menciptakan berjuta-juta makhluk, semuanya berfungsi sesuai dengan apa yang
Dia kehendaki.
|
30
|
4
|
3.1.4. Menyebutkan perilaku yang
dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna Al-Khabir
|
Tes Tulis
|
Benar salah
|
Perilaku yang dapat diwujudkan dalam
mengimani al-Asmaul-Husna Al-Khabir adalah kita
harus teliti dan cermat dalam melaksanakan kegiatan, baik di sekolah, di
rumah, maupun di tempat lainnya. (B - S)
Kunci Jawaban : B
|
5
|
5
|
3.1.5. Menjelaskan makna
al-Asmaul-Husna as-Sami’
|
Tes Tulis
|
Jawaban
Singkat
|
Allah Swt. Maha Mendengar suara apa pun
yang ada di alam semesta ini. Pendengaran Allah tidak terbatas, tidak ada
satu pun suara yang lepas dari pendengaran-Nya. Allah Swt. Maha Mendengar
merupakan makna dari Asmaul-Husna apa?
Kunci
Jawaban: As- Sami”
|
10
|
6
|
3.1.6. Menyebutkan perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani
al-Asmaul-Husna as-Sami’
|
Tes Tulis
|
Pilihan
Ganda
|
Hasan selalu berhati-hati dalam setiap
ucapan dan perbuatannya, karena ia yakin bahwa Allah Swt. senantiasa
mendengarnya. Perbuatan tersebut merupakan pengamalan dari keyakinannya bahwa
Allah Swt. bersifat
A. al-‘Alim
B. al-
Khabir
C.
as-Sami³‘
D. al-Bashir
Kunci
Jawaban: C
|
5
|
7
|
3.1.7. Menjelaskan makna al-Asmaul-Husna al-Bashir
|
Tes Tulis
|
Pilihan
Ganda
|
Allah Swt. Maha Melihat segala sesuatu
walaupun lembut dan kecil. Allah Swt. pun melihat apa yang ada di bumi dan di
langit. Allah Maha Melihat merupakan makna
A. al-‘Alim
B. al- Khabir
C. as-Sami‘
D. al-Basir
Kunci
Jawaban: D
|
5
|
8
|
3.1.8. Menyebutkan perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani
al-Asmaul-Husna al-Bashir
|
Tes Tulis
|
Pilihan
Ganda
|
Di antara bentuk
pengamalan dari keyakinan terhadap al-Basir adalah
A. introspeksi diri untuk kebaikan
B.
amar ma’ruf nahi munkar
C.
menjadi
suri tauladan bagi orang lain
D. mau mendengarkan nasihat guru
Kunci
Jawaban: A
|
5
|
|
|
|
|
SKOR MAKSIMAL
|
100
|
b.
Tes Lisan
Tabel 5. Contoh Instrumen Penilaian
Tes Lisan
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
3.4.1.
Menjelaskan makna empati yang terkandung dalam Q.S. An-Nisa (4):8
|
Tes Lisan
|
Daftar
Pertanyaan
|
Apa yang dimaksud dengan empati?
|
Empati
adalah keadaan mental yang membuat orang merasa dirinya dalam keadaan,
perasaan atau pikiran yang sama dengan orang lain.
|
2
|
3.4.2.
Menjelaskan bentuk- bentuk perilaku empati
|
Tes Lisan
|
Daftar
Pertanyaan
|
Jelaskan
bentuk- bentuk empati terhadap sesama!
|
Perilaku empati dalam
kehidupan sehari-hari dapat diwujudkan dengan cara:
1. peka
terhadap perasaan orang lain,
2. membayangkan
seandainya aku adalah dia,
3. berlatih
mengorbankan milik sendiri, dan
4. membahagiakan
orang lain.
|
3
|
3.4.2.
Menjelaskan alasan bersikap hormat terhadap orangtua
|
Tes Lisan
|
Daftar
Pertanyaan
|
Mengapa kita
harus bersikap hormat terhadap orangtua?
|
1. Ibu
mengandung dengan penuh susah payah, kemudian melahirkan dengan
mempertaruhkan nyawanya;
2. Ibu
menyusui selama dua tahun dengan penuh kasih sayang, dan terjaga malam hari
karena memenuhi kebutuhan anaknya;
3. Ibu
dan ayah memelihara kita sehingga kita siap untuk hidup mandiri;
4. Ayah
dan ibu bekerja keras untuk memenuhi keperluan keluarga;
5. Ayah
dan ibu memberi bekal pendidikan;
6. Ayah
dan ibu memberikan kasih sayang dengan ikhlas tanpa meminta balasan.
|
4
|
3.4.5.
Menjelaskan cara menghormati orangtua ketika masih hidup maupun sudah
meninggal dunia.
|
Tes Lisan
|
Daftar
Pertanyaan
|
Jelaskan
bagaimana cara menghormati orangtua yang masih hidup?
Jelaskan bagaimana
cara menghormati orangtua yang sudah meninggal dunia?
|
1. Memperlakukan
keduanya dengan sopan dan hormat;
2. Membantu
pekerjaanya;
3. Mengikuti
nasihatnya (apabila nasihat itu baik);
4. Membahagiakan
keduanya.
|
c.
Penugasan
Tabel 6. Contoh Instrumen
Penilaian Penugasan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
Ø 3.5.2. Menjelaskan kandungan Q.S. An-Nisa (4) : 146
Ø 3.5.4. Menjelaskan kandungan Q.S. Al-Baqarah (2): 153
Ø 3.5.6. Menjelaskan kandungan Q.S. Ali Imran (3): 134
Ø 3.5.7.Menjelaskan kandungan hadits terkait tentang ikhlas, sabar, dan
pemaaf
|
Penugasan
|
Pekerjaan
rumah
|
Tugas:
Carilah kandungan Q.S. An-Nisa
(4) : 146, Q.S. Al-Baqarah (2): 153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 serta hadis
terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf.
Kunci:
Untuk mengerjakan tugas ini
peserta didik harus terlebih dahulu membaca .S. An-Nisa (4) : 146, Q.S.
Al-Baqarah (2): 153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 serta hadis terkait tentang
ikhlas, sabar, dan pemaaf.
Selanjutnya peserta didik membaca
arti dari ayat- ayat tersebut, lantas memahaminya agar dapat mengidentifikasi
kandungan dari ayat- ayat dan hadist tersebut.
Untuk dapat mencari kandungan
dengan baik, maka peserta didik juga membaca- baca tafsir dan materi yang ada
kaitannya dengan ikhlas, sabar, dan
pemaaf.
Kemudian hasilnya dirumuskan dan
ditulis di lembar kerja penugasan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar