Senin, 21 Maret 2016

CONTOH FORMAT PENILAIAN KERAMPILAN



A.      Contoh Penilaian Ketrampilan

1.        Tes Praktik

a.        Daftar Cek (Check-list)
Contoh 1
Penilaian Ketrampilan Membaca Q.S. Al Mujadalah(58):11
Nama peserta didik       :  Faisal Allafta                     
Kelas                             :  VII/A
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kompetensi                   :  4.3.1.1. Membaca Q.S. Al- Mujadilah (58):11 dengan tartil
Indikator                       :  Membaca Q.S. Al- Mujadilah (58):11 dengan tartil

No
Aspek Yang Dinilai
Baik
Tidak baik
1.
Kelancaran bacaan

2.
Ketepatan tajwid

3.
Ketepatan Pengucapan Makhraj

4.
Sikap Membaca al-Qur’an

5.
Penghayatan terhadap bacaan

6.
Melagukan secara tartil

Skor yang dicapai
10
Skor maksimum
12
Keterangan
Baik mendapat skor 2
Tidak baik mendapat skor 1

Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 10, skor tertinggi 2 x 6 pernyataan = 12, maka skor akhir :

Contoh 2
Kelas / Semester
:
VII / 1
Kompetensi Inti
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar
:
1.4. Melaksanakan bersuci dari hadats besar dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
:
1.     Mempraktikkan wudhu dengan benar

No.
Aspek Yang Dinilai
Sempurna
Tidak Sempurna
1.
Niat Wudlu

2.
Mencuci tangan

3.
Berkumur-kumur

4.
Membasuh hidung

5.
Membasuh muka

6.
Membasuh tangan sampai siku

7.
Mengusap sebagian kepala

8.
Membasuh telinga

9.
Membasuh kaki sampai kedua mata kaki

10.
Do’a setelah wudlu

11.
Tertib

Skor yang dicapai
18
Keterangan
Sempurna mendapat skor 2
Tidak sempurna mendapat skor 1

Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 18, skor tertinggi 2 x 11 pernyataan = 22, maka skor akhir:



b.        Rating Scale (Skala Penilaian)
Contoh 1
Penilaian Ketrampilan Mempraktikkan Tata cara shalat jama’qasar
Nama peserta didik     : Faisal Allafta Zidan 
Kelas                           : VII/A
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kompetensi                 : 4.11.1. Mempraktikkan tata cara shalat jama’ qasar
Indikator                     : Mempraktikkan tata cara shalat jama’ qasar

No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
1.
Niat



2.
Bacaan shalat



3.
Gerakan



4.
Ketepatan tata cara jama’



5.
Ketepatan Tata cara qasar



Jumlah
17
Skor Maksimum
20
Keterangan penilaian:
1   = tidak kompeten
2   = cukup kompeten
3   = kompeten
4   = sangat kompeten
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 17, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar